7 Leadership Skills (7 Skill Kepemimpinan)

Standard

 LEADERSHIP SKILLS atau Skill Kepemimpinan adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pribadi manusia karena fitrah-nya sebagai KHALIFATUL FIL ARDH (Pemimpin di muka bumi). LEADERSHIP SKILLS terbagi menjadi 7. Terdiri dari kemampuan Mengenal Diri, Komunikasi, Menyatu dengan Yang Lain, Proses Belajar, Membuat Keputusan, Mengatur, Bekerja dalam Kelompok. Proses Pembelajaran LEADERSHIP SKILLS dimulai dari tahap memimpin diri sendiri, menjadi anggota kelompok dan memimpin kelompok.

 

1. Mengenal Diri ( Understanding Self )

Mengenal Diri artinya memahami dan mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan diri kita, baik dari segi fisik maupun segi psikologis. Sejak awal penciptaannya, manusia memiliki kecenderungan untuk mengenali siapa sesungguhnya dirinya, apa tujuan hidupnya, dan bagaimanakah sejatinya dirinya. Ada banyak konsep apa dan bagaimana mengenal diri hasil pemikiran manusia maupun yang lahir landasan agama.

 2. Komunikasi ( Communication )

Komunikasi adalah melaksanakan kegiatan saling bertukar informasi yang berlangsung diantara dua atau lebih banyak unsur, dengan tujuan-tujuan tertentu dan dengan cara-cara yang tertentu-tertentu pula. Komunikasi ini sangat penting, terlebih kita sebagai manusia makhluk sosial.

3. Menyatu Dengan Yang Lain ( Getting Along With Others )

Sebagai sesama ciptaan-Nya maka manusia tidak hanya perlu hidup berdampingan secara damai dengan manusia lainnya akan tetapi dengan seluruh ciptaan-Nya. Karena tidak dapat dihindarkan bahwa satu sama lainnya saling membutuhkan. Masing-masing mempunyai kewajiban terhadap yang lainnya dan dengan pemenuhan kewjiban-kewajiban tersebut maka hak-haknya akan terpenuhi pula.

 4. Belajar untuk Belajar ( Learning to Learn )

Untuk mempelajari dan memahami suatu ilmu pengetahuan perlu proses dan langkah-langkah yang harus dilaksanakan, agar tujuan belajar yang diinginkan dapat tercapai dengan baik pengetahuan yang ingin didapatkan bisa digali dengan sebaik-baiknya.

5. Membuat Keputusan ( Decision Making )

Pengambilan Keputusan adalah Suatu Proses dimana seseorang melakukan pilihan dari dua atau lebih banyak kemungkinan pilihan-pilihan yang ada. Ini juga termasuk dalam proses pendewasaan diri.

6. Mengatur ( Managing )

Allah menciptakan manusia ke muka bumi ini sebagai khalifah fil ardhi yang diberi tugas untuk mengelola (mengatur) alam beserta isinya, memberi nilai tambah, menumbuhkembangkan, memanfaatkan secara optimal dan mengatur, menjaga agar seluruh alam semesta ini tetap berada dalam keadaan yang berimbang, semata-mata untuk kemaslahatan, kesejahteraan dan kebahagiaan yang sebesar-besarnya bagi semua makhluk ciptaan Allah SWT.

7. Bekerja dalam Kelompok ( Working with Groups )

Bekerja dalam Kelompok adalah suatu ilmu dan keterampilan bagaimana anggota kelompok dapat bekerjasama dalam kelompoknya sendiri (intra group) atau dengan kelompok (kelompok lainnya untuk menghasilkan produk(hasil) yang lebih dari penjumlahan kemampuan masing-masing anggota kelompok atau kelompok-kelompok. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s