Jawaban Essay Soal Ekonomi

Standard

Pertanyaan 

  1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
  2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
  3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
  4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !

Jawaban:

  1.  Kebutuhan siswa: Alat tulis, seragam, fasilitas dari sekolah, makan, teman dan masih banyak lagi.
  2.  Well, seperti yang ada di buku ekonomi ini termasuk permasalahan ekonomi modern. Sumber daya alam yang digunakan untuk produksi barang harus dipikirkan terlebih dahulu mana yang lebih dibutuhkan dan mana yang tidak terlalu penting. Dalam aspek Apa dan Berapa pun sudah dijelaskan “Tidak mungkin untuk memproduksi semua jenis benda pemuas kebutuhan tersebut sejumlah yang diinginkan oleh masyarakat”.
  3. Ok here’s my story. Dulu waktu saya kelas IX SMP pasti semuanya sudah tahu ada yang namanya UN. Waktu itu UN tanggal 23-26 April 2012. Jauh hari, saya sudah merencanakan untuk nonton band favorit saya yaitu YES, Band Progressive Rock tahun 70. Saya pun sudah bergabung dengan komunitas penggemar Prog Rock di salah satu social media dan saya sudah diajak nonton Om saya. Dan mengenaskannya, konser tanggal 24 malam!!!! Menyakitkan sekali. Saya pun harus memilih antara tetap berada dirumah mempersiapkan diri untuk esok UN Matematika atau menonton konser Band favorit saya? Saya pun mengambil pilihan untuk tetap dirumah (that’s a wise one). Karena kalau saya pikir pikir juga, UN itu untuk menentukan masa depan saya, sedangkan nonton YES hanya mewujudkan impian sesaat, kesenangan semalam dan memerlukan uang untuk membayar tiketnya. Jadi, biaya Eksplisit nya adalah Mempersiapkan diri untuk esok UN. Sedangkan biaya Implisitnya adalah Nonton konser YES.
  4. Nah, yang ini yang lumayan membutuhkan waktu untuk berpikir. Susah juga sih kalau melihat keadaan negara kita saat ini, dimana pemerintah kacau dan rakyatnya pun juga mulai kacau. Kalau memakai liberal, kasian rakyatnya. Yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah miskin. Kalau memakai komando sebetulnya bisa saja, tapi pemerintah kita sifat nya ya…. begitu. yang aman sih sepertinya Campuran. 

 

Leave a Reply

