Jawaban Soal Essay Ekonomi 2

Standard

Jawaban:

1. >2 sektor

            Image

>3 sektor

Image

>4 sektor

Image

2. Pastinya ada. Contohnya seperti sistem ekonomi Komando, pastinya pemerintah akan memegang peran yang banyak dalam kegiatan ekonomi. Hubungannya sangat erat antarra Sistem Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi.

3. RTK: >Memberi faktor produksi kepada RTP

            >Mendapat upah dari RTP

            >Memberikan uang kepada RTP untuk membeli kebutuhan

            >Mendapat Barang kebutuhan dari RTP

            >Membayar pajak kepada pemerintah

            >Mendapat subsidi dari Pemerintah

            >Membeli barang ke luar negeri

            >Mendapat barang dari luar negeri

    RTP: >Mendapat faktor produksi dari RTK

            >Memberi upah kepada RTK

            >Mendapat uang dari RTK untuk membeli kebutuhan

            >Memberi barang kebutuhan kepada RTK

            >Membayar pajak kepada pemerintah

            >Mendapat pengeluaran Pemerintah

            >Memberi barang ke Luar Negeri (ekspor)

            >mendapat uang dari Luar Negeri

Pemerintah: >Mendapat uang pajak dari RTK

                  >Mendapat uang pajak dari RTP

                  >Memberi subsidi kepada RTK

                  >Memberi pengeluaran Pemerintah kepada RTP

Luar Negeri: >Mendapat Uang dari RTK

                  >Memberi barang ke RTK

                  >Mendapat barang dari RTP

                  >memberi uang ke RTP

4. Law of diminishing returns adalah sebuah hukum dalam ekonomi yang menjelaskan tentang proporsi input yang tepat untuk mendapatkan output maksimal. 

Teori ini menjelaskan bahwa ketika input yang kita miliki melebihi kapasitas produksi dari input, maka return (pendapatan) kita akan semakin menurun.Terdapat tiga tingkat dalam teori ini, yaitu fase increasing return (pendapatan yang meningkat), fase kedua dimana pendapatan tetap meningkat tapi pada intensitas yang lebih rendah dan fase ketiga adalah diminishing returns.

Fase pertama adalah fase increasing returns. Contoh logis adalah misalnya kita mempunyai sawah, dengan input petani. Satu sawah memiliki kapasitas petani sebanyak 10 orang. Maka, ketika kita menempatkan satu orang petani disana, kita akan mendapatkan output (beras). Begitu juga jika ditambah terus sampai misalnya angka 7. Ketika level petani sudah berada pada angka 7, output akan stabil dan terus menerus meningkat. Begitu juga jika sampai 8, 9 dan 10, pendapatan terus meningkat.

Namun, pendapatan ketika 7 petani disawah dengan 10 petani berbeda. Secara logika kita bisa melihat, misalnya saja para petani, ketika semakin banyak yang terlibat, akan secara psikologis bertambah malas. Atau mereka juga bisa bertambah susah dalam bekerja, karena sawah yang mereka garap semakin penuh. Tapi, pendapatan tetap meningkat. Oleh karena itu, posisi ketika petani sebanyak 8 sampai 10 bisa dikatakan fase 2 dari teori ini.

 Fase 3 adalah fase diminishing. Bayangkan jika sawah yang oleh 10 orang saja sudah sempit, ditambah lagi dengan 1,2, bahkan tiga orang lagi. Maka sawah akan semakin penuh. Disinilah timbul pendapatan yang menurun. Petani yang ada disana tidak produktif. Bahkan, pemilik sawah juga harus membayar lebih dari 10 petani, yang mana sawah itu sendiri hanya bisa menghasilkan output yang dilakukan oleh 10 petani.

Otomatis, pemilik sawah harus membayar lebih untuk itu, sehingga pendapatan mereka akan semakin menurun. Sawah juga akan semakin sesak jika diisi oleh lebih dari 10 orang, bisa jadi mereka justru mencangkul kaki dari petani yang lain, karena lahan nya sudah habis.

Demikianlah mengapa pendapatan bisa justru menurun jika angka buruh pada suatu pabrik terlalu banyak. Pabrik bisa rugi dan tidak bisa membayar para buruh, sehingga sampailah pada keputusan untuk melakukan PHK.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2079431-law-diminishing-return/#ixzz2AQWUxAFC

5. Perluasan produksi dapat dilakukan dengan cara:

>Ekstensifikasi, artinya perluasan produksi dengan cara menambah faktor-faktor atau unit produksi baru. Di bidang pertanian misalnya menambah areal pertanian, di bidang industri menambah tenaga kerja, mesin-mesin.

>Intensifikasi, artinya perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas (kemampuan menghasilkan) dari faktor produksi yang ada pada tiap unit produksi. Di bidang pertanian misalnya dengan pemupukan, pengairan yang lebih intensif. Di bidang industri misalnya dengan pembagian kerja (spesialisasi kerja), peningkatan kemampuan dan keahlian kerja.

>Diversifikasi, artinya meningkatkan jenis dan macam produksi yang dihasilkan. Di bidang pertanian seperti tumpang sari.

6. >Produksi Primer: Memproduksi barang-barang/jasa kebutuhan primer/pokok. Contoh: Produksi beras, bahan pangan, pakaian.

>Produksi Sekunder: Memproduksi barang/jasa kebutuhan sekunder. Contoh: Telepon, bantal, bumbu masakan, dll.

>Produksi Tersier: Memproduksi barang/ jasa mewah. Contoh: Mobil, proyek milyaran rupiah, TV 32″.

7. Teori nilai pasar: Nilai dari suatu barang tergantung jumlah permintaan dan penawaran.

8.  Ricardo menjelaskan bahwa nilai tukar suatu barang ditentukan oleh ongkos yang perlu dikeluarkan untuk menghasilkan barang tersebut. Ongkos itu berupa biaya untuk bahan mentah dan upah buruh yang besarnya hanya cukup untuk dapat bertahan hidup yang disebut upah alami alami (natural wage).

9. Teori Nilai Lebih: Tenaga kerja mempunyai nilai tukar dan nilai pakai bagi pengusaha. Pengusaha mendapat keuntungan nilai lebih dari si Tenaga kerja.

10. Hukum Gossen 1: Jika kebutuhan dipenuhi terus menerus sampai pada titik tertinggi, dan lama kelamaan kenikmatan akan berkurang hingga mencapai kepuasan.

Hukum Gossen 2: Manusia akan memenuhi berbagai kebutuhan sampai tingkat intensitas yang sama. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s